Reviewer Guidelines
- Presentasi
Apakah makalah tersebut berhubungan dengan argumen yang kohesif? Apakah ide-ide disajikan dengan jelas? - Menulis
Apakah judul mencirikan naskah? Apakah tulisannya ringkas dan mudah diikuti. - Panjang
Bagian kertas apa yang harus diperluas? DIHAPUS? Kental? Diringkas? Gabungan? - Judul
Apakah judul ringkas, menghilangkan istilah-istilah yang tersirat dan, jika mungkin, merupakan pernyataan dari hasil atau kesimpulan utama yang disajikan dalam naskah? Singkatan harus dihindari dalam judul. - Abstrak
Apakah abstrak terdiri dari 1) tujuan penelitian; 2) metode; 3) hasil atau temuan; dan 4) kesimpulan? - Pengantar
Menjelaskan dengan jelas dan masing-masing:
Latar belakang penelitian;
Negara seni, penelitian yang relevan untuk membenarkan kebaruan naskah;
Analisis kesenjangan, pernyataan baru;
Hipotesis atau pernyataan masalah (opsional);
Pendekatan untuk menyelesaikan masalah; dan
Tujuan studi. - Metode
Metode ditulis dengan jelas, sehingga peneliti lain dapat mereplikasi percobaan atau penelitian dengan hasil yang sama;
Tidak hanya menggambarkan definisi istilah tetapi juga menggambarkan bagaimana melakukan penelitian;
Mendeskripsikan lokasi, partisipan, instrumen penelitian, dan analisis data; - Hasil dan Diskusi
Data yang disajikan telah diolah (bukan data mentah) menjadi tabel atau gambar dan diberi deskripsi yang mendukung sehingga mudah diikuti.
Hasil terkait dengan pertanyaan atau tujuan awal yang diuraikan di bagian Pendahuluan.
Penulis menjelaskan hasil penelitian yang konsisten dengan apa yang telah dilaporkan peneliti lain atau ada perbedaan.
Penulis memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan yang disajikan.
Penulis menjelaskan implikasi penelitian.
Penulis menjelaskan keterbatasan penelitian atau kekurangan metode atau posisi.
Penulis menjelaskan kebutuhan/bidang lebih lanjut untuk penelitian atau perluasan ide. - Kesimpulan
Terdiri dari:
Menjawab tujuan penelitian;
Implikasi atau rekomendasi (opsional);
Ditulis dalam paragraf, bukan dengan bullet/numbering